Berubahnya Gambar Domba

Sabda Pagi

Gembala yang Baik
Gembala yang Baik

Kemudian seperti gembala, Allah memimpin umat-Nya dan membimbing mereka melalui gurun. Dia membimbing mereka dengan aman sehingga mereka tidak takut, tetapi musuh mereka mati lemas di dalam laut. Dia membawa umat-Nya ke tanah-Nya yang suci, ke gunung yang telah ditaklukkan-Nya sendiri. Dia mengusir penduduk di situ sedang umat-Nya mara, lalu membagikan negeri itu kepada semua suku Israel, dan memberi mereka tempat kediaman musuh

(Mazmur 78: 52-55).

Allah serupa gembala yang baik. Ia memimpin di pucuk depan barisan. Sekaligus mencari perhentian yang nyaman, berumput hijau dan berair jernih. Sambil memandang ke sekeliling, sekiranya ada musuh penyerang datang. Ia tidak segan berlari ke samping kanan atau kiri dan mundur jauh ke belakang. Siapa tahu ada yang tidak kuat lagi berjalan. Atau malah telah jatuh sakit. Sambil membimbing dan mengarahkan perjalanan agar tidak ada yang terinjak, tersesat dan tercecer. Di bawah penggembalaanNya, dipastikan semua akan mendapat tempat perhentian aman dan nyaman. Kesan itulah yang tertangkap ketika menatap gambar Gembala yang Baik.

Gembala yang Baik menggendong domba yang telah ditemukan karena tersesat. Domba yang tampak lemas, tak berdaya, lebut-manis dan mengundang kasihan. Mungkin saja kita adalah adalah domba yang tersesat, tak berdaya, dan memang perlu dikasihani. Tetapi, kita sebagai domba yang manis? Kidung Jemaat 240 Datanglah, Ya Sumber Rahmat, bait ke-2 memperkaya tentang siapa kita:

Hingga kini ‘ku selamat dengan kuat yang Kau b’ri
Kuharapkan akan dapat sampai di neg’ri seri.
Yesus cari akan daku, domba binal yang sesat;
untuk membela diriku dipikulNya salib b’rat.

Ternyata domba yang tampak manis itu tersesat karena kebinalannya.

Dari pasang surut perjalanan bangsa Israel menuju Tanah Perjanjian, rasanya gambaran tentang domba yang binal lebih tepat dari pada domba yang tampak manis. Lalu dalam perjalanan hidup kita, gambar domba seperti apa yang lebih pas dan kena? Pilih salah satu:

  1. Domba yang lembut dan manis
  2. Domba binal
  3. Domba berbulu serigala
  4. Serigala berbulu domba.

Atau, silakan ajukan pilihan lain untuk mengubah gambar domba…

One thought on “Berubahnya Gambar Domba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s