Karya pengasihanNya lebih dari yang kita pikirkan

Kebaktian Emeritasi atas diri Pdt. Emeritus Sulendra Partoatmodjo telah dilaksanakan di GKJ Wisma Panunggal Mrican Semarang pada hari Jumat, 14 Januari 2011, tepat pukul lima sore. Sekitar 330 tamu hadir sebagai jemaat ikut berdoa, mendukung dan merasakan kesaksian Pdt. Em. Sulendra Partoatmodjo atas perjalanan pelayanannya selama 30-an tahun, yang menjadi tema kebaktian emeritasi, “Karya pengasihanNya lebih dari yang kita pikirkan.”

Hadir dalam Kebaktian keluarga besar LPPS GKJ dan GKI SW Jateng Yogyakarta, keluarga besar STAK Marturia, Keluarga besar Pdt., Em., Sulendra Partoatmodjo, Keluarga besar GKJ Kertanegara dan GKJ Wisma Panunggal Mrican serta tamu utusan klasis-klasis dan majelis gereja tetangga. Kebaktian terasa hangat dan akrab karena karena kehadiran para tamu dan jemaat yang ikut menyaksikan Pdt. Sulendra mengakhiri tugas sebagai Pendeta Pelayanan Khusus di LPPS GKJ dan GKI SW Jateng dengan gereja pengutus GKJ Wisma Panunggal Mrican Semarang.

Ada dua aEmeritasi Pdt. Sulendra Partoatmodjocara pokok. Pertama, Kebaktian Emeritasi dan sambutan-sambutan. Kedua, tentu saja ramah tamah. Kebaktian Emeritasi diawali dengan prosesi bersama 33 pendeta yang hadir bertoga. Sementara votum dinyanyikan oleh Paduan Suara Hagia Sonora melalui lagu “Pertolongan kita”. Selanjutnya, Pdt. Em. Sulendra Partoatmojo melayanan firman, diiringi Panembrama melantunkan “Sekar Emeritasi”. Kebaktian Emeritasi ditutup dengan ungkapan syukur yang dibawakan oleh Paduan Suara Talitakum melalui lagu, “Atur Panuwun”. Tidak terasa kebaktian yang berdurasi seratus menit usai dengan penuh berkat Tuhan.

Hanya ada 3 sambutan menyusul berakhirnya kebaktian. Sambutan pertama, oleh Ketua Majelis Ibu Sri Marginingsih yang juga mewakili jemaat GKJ Kertanegara dan GKJ WPM. Selanjutnya sambutan kedua pengurus LPPS oleh  Ibu Sih Hariris. Dan ketiga sambutan utusan Sinode atas oleh Bapak Drs. Bambang Subandrijo, Ph.D. Tidak ketinggalan acara berfoto bersama pendeta yang berjalan singkat, kemudian tamu bersalaman dan dilanjutkan dengan acara ramah tamah di Balai Pertemuan diiringi musik keroncong.

Rekan SejawatPdt. Emeritus Sulendra Partoatmodjo dilahirkan di tepi Sungai Winongo, Kretek, Bantul, 60 tahun yang lalu. Tepatnya 10 Desember 1950. Sarjana Muda ditempuh di Fakultas Teologi UKSW tahun 1972 dilanjutkan sarjana penuh yang diselesakan pada tahun 1977. Kemudian menyelesaikan S2 tahun 1996 di UKSW sebagai bekal pemantapan untuk pelayanan lintas gereja bahkan lintas sinode.

Semakin dalam masuk dunia pelayanan diawali ketika pada tanggal 2 Desember 1979 ditetapkan sebagai Pembantu Pendeta di GKJ Wisma Panunggal Mrican Semarang, kebaktian dilayankan oleh Pdt. DR. Soedarmo, tokoh yang dikagumi Pak Lend. Kemudian pada 19 Maret 1982 ditahbiskan sebagai pendeta jemaat oleh Pdt. DR. Soetarno. Pertengahan 1985 diutus ke LPPS GKJ dan GKI SW Jateng, kebaktian pengutusan dilayani oleh Pdt. DR. Soelarso Sopater. Akhirnya, awal tahun 2011, diemeritasi oleh Pdt. Teguh Prasetyo Adi, yang mengagumi Pak Lend.

“Selamat memasuki masa emeritus, Tuhan selalu memberkati.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s