Thanksgiving Day

Pak Berni baru datang dari tanah kelahiran, Amerika. Banyak acara yang diikutinya. Salah satunya merayakan thanksgiving Day bersama anaknya. Ia menceritakan bahwa thanksgiving day adalah sebuah perayaan untuk mengingat pendatang pertama dari Eropa karena penindasan-kebanyakan dari Inggris- di New York. ahun pertama, 50% mati karena cuaca dan penyakit. Tahun kedua, mereka sekarat. Orang Indian datang dan membawa makanan asli Amerika, kalkun, ubi, jagung, kentang, kranberis dll. Jadi, Thanksgiving Day adalah perayaan syukur untuk mengingat keselamatan karena orang-orang pribumi menolong mereka yang dimaknai sebagai sebagai berkat Tuhan untuk bersyukur. Hari Raya ini tidak terkait dengan agama. Semua orang pulang kampung dan berkumpul dengan keluarga dan nonton football di TV. Mungkin karena orang Amerika sudah tidak tahu lagi mau ngomong apa, jadi nonton TV adalah acara yang paling bagus. Mungkin jika orang pribumi tahu bahwa orang kulit putih datang dan menghabisi mereka, orang pribumi tidak akan datang membawa makanan malah akan membunuh mereka. Ini belum terjadi. Begitulah Pak Berni membagikan oleh-olehnya setelah dua minggu membolos mengajar.

Coba kuiintip di Wikipedia apa itu Thanksgiving Day. Thanksgiving Day adalah hari pengucapan syukur di akhir musim panen. Ini adalah hari libur resmi di Amerika Serikat yang jatuh pada Kamis keempat di bulan November. Sehingga akhir pekan bertambah panjang.

Pertama kali diadakan tahun 1619 di Koloni Inggris yang sekarang disebut Perkebunan Berkeley di Virginia, dan di Plymouth, Massachusetts pada tahun 1621. Sehari sesudah Thanksgiving adalah hari Jumat, yang disebut Jumat Hitam yang menandai dimulainya musim belanja Natal. Sebagian besar toko sudah buka sejak pagi hari (biasanya sejak jam 05.00 pagi), dan menjual barang dengan sistem cuci gudang agar pembeli mau datang. Disebut Jumat Hitam karena pada hari itu biasanya neraca pembukuan mereka berubah dari warna merah (merugi) menjadi hitam (untung). Toko-toko besar seperti toko-toko elektronik, supermal, dan semacamnya biasanya penuh dengan orang yang mengantri untuk membeli barang sejak Kamis sore. Beberapa toko elektronik sudah terbentuk antrian sepanjang 100-200 orang untuk membeli barang yang diobral. Toko-toko biasanya buka pada hari Jumat pukul 5 pagi, namun antrian kadang-kadang sudah dimulai sejak hari Kamis pukul 5 sore. Supermal kadang-kadang buka pukul 12 tengah malamnya dan toko-toko didalamnya menjual barang-barang obral. Pada hari istimewa ini tidak jarang pengunjung supermal pada tengah malam tersebut membeludak menjadi ratusan bahkan ribuan orang. Pengumuman penjualan obral juga sudah dimulai sehari setelah Halloween.

Namun, Thanksgiving adalah perayaan yang tidak begitu bersifat komersial. Di Amerika Serikat terdapat tradisi menikmati makan malam Thanksgiving bersama keluarga, teman, dan kerabat. Kalkun merupakan hidangan utama, sehingga Thanksgiving juga dikenal sebagai “Hari Kalkun”. Kalkun biasanya dimakan bersama saus kranberi dan hidangan lain seperti kentang puree, jagung rebus, pai labu (sisa perayaan Halloween), dan berbagai macam sayur-sayuran musim gugur yang lain. Sewaktu menikmati makanan Thanksgiving, orang biasanya saling bercerita mengenai hal-hal baik yang telah mereka alami. Sepak bola Amerika merupakan olahraga yang tidak terpisahkan dengan perayaan Thanksgiving. Di Amerika Serikat dan Kanada, pertandingan liga profesional selalu diadakan di hari Thanksgiving. Tradisi merayakan

Thanksgiving dengan makan bersama dimulai di Amerika pada tahun 1621. Kaum pilgrim yang bermukim di Plymouth, Massachusetts mengadakan pesta makan bersama penduduk asli Amerika suku Wampanoag. Tradisi pesta makan Thanksgiving berlanjut hingga sekarang dan disebut “makan malam Thanksgiving” dengan menu utama berupa kalkun. Sebagian dari cerita asal-usul Thanksgiving di Amerika adalah mitos yang berkembang sekitar tahun 1890-an dan awal 1900-an. Thanksgiving dimaksudkan sebagai bagian dari usaha menciptakan identitas nasional setelah Perang Saudara.

Jadi, Thangksgiving Day adalah hari libur untuk bersyukur dan berkumpul dengan keluarga. Kayaknya sih, lebih seru yang namanya Lebaran yang di Indonesia sini ya…yang penting kumpul-kumpul sambil makan-makan. Hmm, kira-kira enak mana: kalkun atau ayam goreng Mbok Berek? Kubayangkan kedua-duanya enak kalau gratisan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s